UPAYA MENINGKATANPRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT PADA SISWA KELAS III

Rizal Aji Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran TGT siswa kelas IIISD Negeri 2 Pejagoan semester II tahun ajaran 2014/2015. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi,  dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rerata prestasi  belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 67,81 dengan ketuntasan klasikal 63%. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rerata sebesar79,69 dengan ketuntasan klasikal 78%. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan model pembelajaran Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 2 Pejagoan tahun pelajaran 2014/2015.

Kata kunci: TGT, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i3.2738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.