PENERAPAN MODEL PROBING-PROMPTING DAN ELICITING ACTIVITIES TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Tri Anggoro Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan disposisi matematis siswa dan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai: 1) model pembelajaran probing-prompting lebih baik dari model pembelajaran ekspositori, 2) model pembelajaran eliciting activities lebih baik dari model pembelajaran ekspositori, 3) model pembelajaran eliciting activities lebih baik dari model pembelajaran probing-prompting. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi multivariat satu jalur yang dilanjutkan dengan uji univariat yang sebelumnya telah memenuhi uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan disposisi matematis siswa dan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai: 1) model pembelajaran probing-prompting lebih baik dari model pembelajaran ekspositori, 2) model pembelajaran eliciting activities lebih baik dari model pembelajaran ekspositori, 3) model pembelajaran eliciting activities lebih baik dari model pembelajaran probing-prompting.

 

Kata kunci: probing-prompting, eliciting activities, disposisi matematis dan prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i3.2737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.