PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THINK PAIR SQUARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Square (TPS). Instrumen yang digunakan adalah Lembar angket, pedoman wawancara, lembar observasi dan lembar tes evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model TPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi pada siklus I rata-rata motivasi belajar sebesar 62,32%, sedangkan pada siklus II rata-ratanya sebesar 76,01%. Hasil angket motivasi belajar siklus I terdapat 78,04% siswa memiliki motivasi lebih dari atau sama dengan 75%, sedangkan pada siklus II seluruh siswa memiliki skor motivasi belajar lebih dari atau sama dengan sebesar 75%. Hasil wawancara pada siklus I maupun siklus II menunjukkan ketersesuaiannya dengan hasil angket motivasi. Model TPS dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes prestasi belajar siswa, pada siklus I siswa yang mencapai nilai 75 sebesar 65,85%, sedangkan pada siklus II sebesar 78,04%.
Kata kunci: motivasi belajar matematika, prestasi belajar, TPS
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i3.2736
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.