RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM DALAM SOAL UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA SD TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Endah Kusumaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ranah kognitif taksonomi Bloom dan Standar kompetensi Lulusan  pada setiap  soal ujian sekolah matematika Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun hasil temuan dari penelitian ini yaitu satu soal (2,5%) memiliki tipe C1/ pengetahuan; delapan belas soal (45%) memiliki tipe C2/ pemahaman;  dua puluh satu soal (52,5%) memiliki tipe C3/ aplikasi. Akumulasi standar kompetensi berturut-turut pada materi bilangan, bilangan pecahan, bilangan bulat, pengukuran,faktor dan kelipatan, bangun datar, bangun ruang, dan pengolahan data adalah 2,5%; 7,5%; 7,5%; 7,5%; 15%; 17,5%; dan 25%.

 

Kata kunci: Ranah Kognitif taksonomi Bloom, Standar Kompetensi Lulusan


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i3.2733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.