PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran dengan model pembelajaran problem solving dapat memberikan prestasi yang lebih baik daripada prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik sampling non probability dengan sampel jenuh. Pengujian prasyarat keseimbangan menggunakan Lilliefors untuk pengujian normalitas dan Chi Kuadrat untuk pengujian homogenitas variansi populasi. Prasyarat pengujian hipotesis sama dengan uji keseimbangan. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji beda rataan. Hasil perhitungan diperoleh tobs = 4,70 dan ttabel = 1,65. Karena hasil tersebut menunjukkan bahwa tobs lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan problem solving memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada ekspositori.
Kata kunci: Problem Solving, Ekspositori, prestasi
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i3.2732
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.