KETERAMPILAN PROSES MENGALIKAN DAN MEMBAGI BILANGAN CACAH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterampilan siswa dalam menganalisis soal, 2) keterampilan proses siswa dalam menyelesaikan soal, 3) kesulitan keterampilan proses siswa dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan Metode Studi Kasus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas II dan kelas III SD N Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Semua data dianalisi menggunakan teknik triangulasi secara kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa menganalisis soal menggunakan proses membaca hingga menemukan makna dari soal, siswa menyelesaikan soal menggunakan proses (penjumlahan berulang, pengurangan berulang, bersusun kebawah, porogapet), siswa mengalami kesulitan keterampilan proses terbanyak pada saat siswa melakukan perhitungan atau kemampuan menghitung bilangan yang besar. Keterampilan siswa kelas II dan kelas II dapat dikatakan cukup terampil.
Kata kunci: Keterampilan, analisis soal, penyelesaian soal, kesulitan
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i2.2722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.