EKSPERIMENTASI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN BANTUAN LKS TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model TTW berbantuan LKS dapat memberikan komunikasi matematis yang lebih baik daripada model ekspositori dan apakah model TTW berbantuan LKS dapat memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada model ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kajoran. penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji multivariat, yang sebelumnya telah memenuhi syarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Fobs=11.31>Ftabel=3.23 sehingga rerata komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa dengan model TTW tidak sama dengan model Ekspositori. Maka dilakukan uji univariat, untuk variabel komunikasi matematis siswa dengan hasil tobs=1.745>ttabel=1.673 artinya H0 ditolak, dan untuk prestasi belajar dengan hasil tobs=0.583<ttabel=1.673 artinya H0 diterima, hasil ini menunjukkan bahwa: 1.Komunikasi matematis siswa yang menggunakan model TTW lebih baik daripada model Ekspositori, 2.Prestasi belajar siswa yang menggunakan model TTW tidak lebih baik daripada model Ekspositori.
Kata kunci: TTW, LKS, komunikasi matematis, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i2.2719
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.