PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Purworejo dengan model quantum teaching berbantuan macromedia flash. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah rumus rata-rata (mean) dan persentase. Data persentase minat belajar siswa pada siklus I sebesar 71,44% meningkat menjadi 76,08% pada siklus II. Sedangkan rerata prestasi belajar siswa 72,34 sebelum dikenai tindakan dengan ketuntasan belajar klasikal 43,75 meningkat menjadi 76,88 pada siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 59,375% dan meningkat menjadi 91,88 pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal 96,875%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika menggunakan quantum teaching berbantuan macromedia flash dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa.
Kata kunci: minat, prestasi belajar, quantum teaching, macromedia flash
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i1.2705
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.