PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI THINK TALK WRITE DENGAN METODE INDEX CARD MATCH

Nur Ristiyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan minat belajar matematika menggunakan strategi pembelajaran TTW dengan metode ICM pada siswa kelas VIIF SMP Negeri 1 Kajoran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas VIIF. Objek penelitian ini adalah peningkatan minat dan peningkatan prestasi belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan prestasi belajar matematika siswa. Rata-rata minat belajar siswa yang diamati menggunakan lembar observasi pada siklus I adalah 75,4%, pada siklus II meningkat menjadi 87,10%. Pada angket siklus I adalah 71,7%, pada siklus II meningkat menjadi 78,74%. Peningkatan prestasi belajar matematika siswa dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas tes akhir siklus I adalah 73,76, pada siklus II meningkat menjadi 81,48. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat dan prestasi belajar matematika siswa.

 

Kata kunci: minat, prestasi, Strategi TTW, metode ICM


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i1.2702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.