PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPATIHAN PURWOREJO DENGAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TAHUN AJARAN 2013/2014

Nugraha Prastomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi motivasi terhadap pembelajaran matematika dengan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together), angket motivasi terhadap Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT dan soal tes evaluasi yang terdiri dari 5 soal uraian dalam materi perbandingan, teknik analisis data adalah deskriptif persentase, dan rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswakelas IV SD Negeri Kepatihan Purworejo mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT. Hal ini ditunjukkan dengan rerata persentase motivasi belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 67,60% pada pra siklus, menjadi 71,70% pada siklus I, dan 76,66% pada siklus II. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa, rerata nilai mengalami peningkatan dari 71,25 pada pra siklus menjadi 76,25 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 87,68.

 

Kata kunci: Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together), motivasi, dan prestasi belajar.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v17i1.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.