PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: Kemandirian dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B semester II MTs Ma’arif NU Pituruh tahun pelajaran 2014/2015 sejumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kemandirian belajar siswa dan soal tes yang berupa soal uraian. Teknis analisis data yang dilakukan setelah data diperoleh adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemandirian belajar dan prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas VIII B MTs Ma’arif NU Pituruh. Hal ini ditunjukkan dari persentase kemandirian belajar siswa kelas VIII B sebesar 67,7% pada siklus I, meningkat menjadi 84% pada siklus II. Pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas VIII B tahun pelajaran 2014/2015 sebesar 57,14% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,14% pada siklus I nilai rerata 71,3 dan meningkat dengan nilai rerata 78,1 pada siklus II.
Kata kunci : Kemandirian belajar, prestasi belajar, Missouri Mathematics Project (MMP)
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v17i1.2389
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.