EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN

Samsul Hidayat

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan lembar kegiatan siswa lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran ekspositori pada kelas VIII semester ganjil SMP Muhammadiyah Kutowinangun tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kutowinangun sebanyak 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling, diambil 2 kelas yang dijadikan sampel. Dari pengambilan sampel tersebut diperoleh kelas VIII B sebagai kelas Eksperimen dan Kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji Hipotesis dengan menggunakan uji-t. menunjukkan tobs= 1,873 > 1,645 = ttabelberarti prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan lembar kegiatan siswa lebih baik dari prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori.

Kata kunci: prestasi belajar, CIRC, Ekspositori


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v17i1.2387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.