PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SMP NEGERI 9 PURWOREJO
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan metode Team Assisted Individualization dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 9 Purworejo tahun 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh persentase banyaknya siswa yang mempunyai keaktifan dengan kategori minimal tinggi pada siklus I sebesar 64,5% dan pada siklus II sebesar 81%. Rerata prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 74,19 dengan ketuntasan 70,96%. Rerata prestasi belajar pada siklus II sudah mencapai 78,09 dengan ketuntasan 83,87%. Ini berarti prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Jadi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 9 Purworejo.
Kata kunci: TAI, Keaktifan, Prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v17i1.2386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.