EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SATRIA BAYU AJI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada kompetensi segitiga menggunakan metode problem based learning akan lebih baik jika dibandingkan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimental semu (quasi experimental research). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji-t didapatobs sebesar 10,22 dan tabel sebesar 1,96 dengan taraf signifikansi 0,05. obs >tabel,  dengan DK = {|< -α;n atau>α;n} makaobs DK (daerah kritik) yang menyebabkan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika kompetensi segitiga menggunakan metode problem based learning akan lebih baik jika dibandingkan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Dari rataan, rerata hasil belajar matematika yang menggunakan metode problem based learning diperoleh sebesar86,156, sedangkan rerata hasil belajar matematika dengan pendekatan pembelajaran konvensional diperoleh sebesar 68,75.

 

Kata kunci : problem based learning, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v17i1.2383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.