EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK DAN THINK PAIR SHARE MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran pair check lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran think pair share pada materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Kemiri tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Kemiri tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas VIII A, B,C, dan D. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 2 kelas yang terdiri kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda. Data analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data uji hipotesis dengan uji-t pihak kanan diperoleh nilai thitung = 1,772 dengan taraf signifikansi α = 5%, dan ttabel = 1,645. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (1,772 > 1,645) sehingga diperoleh keputusan ujinya H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Kemiri tahun pelajaran 2014/2015.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i3.2257
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.