PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARANTHINK PAIR SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCHPADAMATERI OPERASIHIMPUNAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 11 PURWOREJO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan menggunakan strategi think pair share lebih baik dibandingkan dengan strategi make a match pada materi operasi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri 14 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah populasi sebanyak 210 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terdiri dari kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Olehkarenaitu, ujihipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus t. Dengan α = 0,05 menunjukkan thitung=1,7184>1,671= ttabel. Sehingga H0ditolak yang berarti prestasi belajar siswa pada materi operasi himpunan dengan menggunakan strategi Think Pair Share lebih baik dari prestasi belajar siswa dengan menggunakan strategi Make A Match.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i3.2252
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.