EKSPERIMENTASI MODEL SAVI ((SOMATIC, AUDITORY, VIZUALIZATION, INTELLECTUALLY) DAN MODEL AIR (AUDITORY, INTELLECUALLY, REPETITION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran SAVI lebih baik dari pada model pembelajaran AIR. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu (quasi exsperimental design). Uji hipotesis mengunakan ekor kanan dengan uji t, dengan prasyarat analisis data terdiri dari uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan mengunakan metode Bartlett.Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai tesprestasi belajar matematika kelaseksperimen1 sebesar 74,69 dan kelas eksperimen 2 sebesar 67,81. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji-t didapat t_hitung sebesar 2,314 dan t_tabel sebesar 1,669 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga t_hitung> t_tabel yang menyebabkan H_0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran SAVI lebih baik dari pada model pembelajaran AIR pada siswa kelas VII SMP Nurul Muttaqin Kemiri tahun pelajaran 2014/2015.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i3.2250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.