PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING BERPADU DENGAN TGT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII D

Farchan . .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Possing berpadu dengan TGT siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, soal tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik rerata dan persentase. Persentase siswa yang keaktifannya dalam kategori baik pada siklus I sebesar 67,33% meningkat menjadi 81,67% pada siklus II. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 59,38% pada siklus I meningkat menjadi 84,38% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem possing berpadu dengan TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar matematika siswa.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i2.2235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.