UPAYA PENINGKATANMINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF

Rafika Silviana Putri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran Course Review Horayberbantuan alat peraga manipulatif dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G semester 2 SMP Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa.Obyek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Course Review Horayberbantuan alat peraga manipulatif pada pembelajaran matematika.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay berbantuan alat peraga manipulatifdapat meningkatkan minat belajar siswa yaitu dilihat dari persentase observasi minat belajar siswa pada siklus I mencapai 62,34%, pada siklus II mencapai 75,94%. Persentase minat belajar siswa berdasarkan hasil angket mencapai 70,08% pada siklus I dan 75,20% pada siklus II. Model pembelajaran Course Review Horay berbantuan alat peraga manipulatifdapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa yaitu dilihat dari persentase prestasi belajar matematika siswa mencapai 56,25% pada siklus I dan 75% pada siklus II. Hal ini memberikan sumbangan positif bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan alat peraga manipulatif sebagai alternatif pembelajaran.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i2.2234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.