PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE MTs N KEBUMEN 2

Indra Guniyati

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan: (1) komunikasi matematis; (2) hasil belajar matematika pada siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D MTs N Kebumen 2 yang berjumlah 35 siswa. Tahapan peneltian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Pembelajaran menggunakan Think-Talk-Write (TTW). Hasil penelitian menunjukkan rerata komunikasi matematis berdasarkan lembar observasi pada siklus I sebesar 69,52% dalam kriteria cukup meningkat menjadi 79,52% pada siklus II dengan kriteria baik. Sedangkan hasil belajar pada siklus I, siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 63% dalam kriteria kurang dengan rata-rata 71,74 meningkat menjadi 85,71% dengan kriteria sangat baik dengan rata-rata 82,94. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TTW dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII D Mts N Kebumen 2.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i2.2232



Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.