EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAI BERBANTUAN ALAT PERAGA DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 40 PURWOREJO

Sri Supatmi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Snowball Throwing pada materi segiempat di SMP N 40 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Uji prasyarat analisis untuk uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan metode Bartlett dengan uji Chi Kuadrat. Uji keseimbangan menggunakan uji anava satu jalan sel tak sama. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0.05 diperoleh tobs = 1.707 > ttabel = 1.645 sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa prestasi belajar siswa yang dikenai model TAI berbantuan alat peraga lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang dikenai model Snowball Throwing pada materi segiempat.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i1.2227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.