STUDI KOMPARASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU LKS TERSRUKTUR DAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Listiani Safitri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika yang menggunakan model GI berbantuan LKS tersruktur lebih baik dari pada prestasi belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya pada materi peluang terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Nawa Bhakti Kebumen tahun 2013/2014 dengan jumlah populasi sebanyak 10 kelas, dengan teknik Simple random sampling. Dari 10 kelas yang ada, diambil secara acak sebanyak dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI TKR C sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu metode dokumentasi dan metode tes. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikan α=0,05 menunjukan bahwa rerata nilai pada kelas eksperimen I adalah 73,51 dan pada kelas eksperimen 2 adalah 62,22. Setelah di lakukan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa thitung=5,054>ttabel=1,645. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajan GI berbantuan LKS terstruktur lebih baik dari model pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas XI SMK Nawa Bhakti Kebumen tahun pelajaran 2013/2014.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i1.2226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.