PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE

Lia Purwati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A MTs Ma’arif NU Pituruh tahun pelajaran 2013/2014 setelah dikenai model pembelajaran Scramble. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A semester 2 MTs Ma’arif NU Pituruh tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dilihat dari persentase motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai 63,75% (kriteria cukup), pada siklus II mencapai 81,03% (kriteria baik), dan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa yaitu dilihat dari persentase hasil belajar matematika siswa mencapai 69,69% pada siklus I, 87,87% pada siklus II. Sehingga model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika .

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i1.2225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.