PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE

Anna Febrianingtyas

Abstract


Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mata pembelajaran matematika pada siswa kelas VII B MTs Negeri Bener. Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran Picture and Picture pada pelajaran matematika dengan pokok bahasan segitiga dan segiempat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui penerapan strategi pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil angket minat belajar siswa pada siklus I rerata persentase minat belajar siswa mencapai 70,0% meningkat pada siklus II menjadi 75,9%. Rerata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 68,1 meningkat pada siklus II menjadi 76,0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada siswa kelas VII B MTs N Bener.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i1.2221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.