EKSPERIMENTASI STRATEGI MAKE A MATCH DAN TAKE AND GIVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ADIMULYO

Adityas Yuliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan strategi Make A Match lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang menggunakan strategi Take and Give dalam materi himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimental semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika kelas eksperimen I sebesar 66,718 dan kelas eksperimen II sebesar 67,833. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar -0,472 dan ttabel sebesar 1,671 dengan taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukan bahwa thitung < ttabel sehingga H0 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan strategi Make A Match tidak lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang menggunakan strategi Take and Give dalam materi himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adimulyo tahun pelajaran 2014/2015.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i1.2218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.