PENERAPAN MODEL STAD DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL ICM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Agus Sujarwo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII B SMP N 1 Puring dengan model pembelajaran model STAD dikombinasikan dengan model ICM pada SMP Negeri 1 Puring tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk mengukur motivasi belajar siswa, dan tes essay untuk mengukur prestasi siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi motivasi terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan model STAD yang dikombinasikan dengan model ICM , dan soal tes evaluasi yang berbentuk soal uraian dalam materi kubus dan balok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas VIII B SMP N 1 Puring mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model STAD dikombinasikan dengan model ICM. Hal ini ditunjukkan dengan motivasi siswa yang sudah memenuhi indikator-indikator motivasi dan peningkatan tersebut juga ditunjukkan dengan rerata persentase motivasi belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 57,03% pada pra siklus, menjadi 62,69% pada siklus I, dan 72,26% pada siklus II. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa, rerata nilai mengalami peningkatan dari 66,78% pada pra siklus menjadi 70,62% pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 77,94%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model STAD dikombinasikan dengan model ICM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B SMP N 1 Puring tahun pelajaran 2013/ 2014.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i1.2213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.