KEMAMPUAN MENCONGAK OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT (Kasus pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Swasta di Kecamatan Purworejo)

Rizky Melly Nugraheni

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar hasil kemampuan mencongak operasi hitung bilangan bulat siswa  kelas IV SD Swasta di Kecamatan Purworejo dan apakah ada perbedaan yang signifikan hasil kemampuan mencongak operasi hitung bilangan bulat siswa  kelas IV SD Swasta Islam dan non-Islam. Populasi dalam penelitian semua siswa kelas IV Sekolah Dasar Swasta di Kecamatan Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian berjumlah 127 siswa, yang diambil dengan menggunakan Proportionate Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis pada pengolahan data. Metode pengumpulan data yang digunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan hasil kemampuan mencongak operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SD Swasta di Kecamatan Purworejo tahun pelajaran 2014/2015 tidak lebih dari 75 yaitu 69,59 dan tidak ada perbedaan yang signifikan hasil kemampuan mencongak operasi  hitung bilangan bulat siswa kelas IV SD Swasta Islam dan non-Islam.

 

Kata kunci: kemampuan mencongak, operasi hitung, bilangan bulat


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i3.2186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.