EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Nur Sodik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran teams games tournaments lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Think Pair Share pada materi operasi hitung bentuk aljabar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Prembun Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian adalah eksperimental semu dengan teknik samplin adalah simple Random Sampling. Uji hipotesis menggunakan uji t-student (uji-t) dengan prasyarat analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dengan taraf signifikan = 0,05 menunjukkan bahwa rerata nilai pada kelas eksperimen 1 = 69,688 dan pada kelas eksperimen 2 = 64,358. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa tobs 1,748 dengan ttabel 1,670 dan DK = {t|t>1,670} sehingga tobs > ttabel. Terlihat bahwa tobs termasuk dalam daerah kritik sehingga menyebabkan H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share pada siswa kelas VII SMP  Negeri 1  Prembun tahun pelajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: prestasi belajar matematika, Teams Games Tournaments, dan Think Pair Share

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i3.2185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.