PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DIPADUKAN DENGAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VIII

Edi Jayanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TGT dipadukan Talkingn Stick siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Purworejo semester I tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, soal tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik rerata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT dipadukan Talkingn Stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase siswa yang keaktifannya dalam kategori baik pada siklus I sebesar 60,87% meningkat menjadi 78,26% pada siklus II. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 69,57% pada siklus I meningkat menjadi 82,61% pada siklus II.

 

Kata kunci: TGT, Taling Stick, keaktifan, hasil belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i3.2184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.