PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Nurul Isnaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perhatian dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran make a match siswa kelas IV SD Negeri Sawunggaling semester I tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik  pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rerata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan perhatian dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rerata persentase perhatian siswa pada siklus I sebesar 57,33% meningkat menjadi 76,67% pada siklus II. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 53,33% pada siklus I meningkat menjadi 73,33% pada siklus II.

Kata kunci: make a match, perhatian, hasil belajar

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i3.2183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.