EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MMP DAN TPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SMP N 5 KEPIL

Zusmana Rustikarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran MMP lebih baik daripada model pembelajaran Think Pair Share; (2) Komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Missouri Matematics Project lebih baik daripada model pembelajaran Think Pair Share. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kepil tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah empat kelas, dengan sampel sebanyak dua kelas.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling dengan mengambil dua kelas secara acak (random) dari populasi untuk menentukan kelas sampel, dimana kelas A sebagai kelas eksperimen 1, kelas C sebagai kelas eksperimen 2. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran MMP lebih baik daripada model pembelajaran TPS; (2) Komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MMP tidak lebih baik daripada model pembelajaran TPS.

 

Kata kunci: prestasi belajar, komunikasi matematis, Missouri Matematics Project (MMP)Think Pair Share (TPS)


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i3.2182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.