STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN PROBLEM POSING PADA MATERI SEGITIGA SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU PITURUH TAHUN AJARAN 2013/2014

Kholidaturohmah .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi mana yang lebih baik antara kelas yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan pembelajaran Problem Posing pada materi segitiga kelas VII MTs Ma’arif NU Pituruh tahun ajaran 2013/ 2014. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Pituruh yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII B dan kelas VII C yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda. Data analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan uji beda rata-rata (uji pihak kanan) dengan n1 = 32, n2 = 28, taraf signifikansi 5% dan DK = 58, diperoleh thitung = 1,746 > ttabel = 1,6715, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran koopeatif tipe Make A Match memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari pada model pembelajaran Problem Posing.

 

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, Problem Posing, prestasi, segitiga


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i3.2179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.