PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII B MTs Ma’arif NU Pituruh dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching; (2) peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII B MTs Ma’arif NU Pituruh dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, plaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII B MTs Ma’arif NU Pituruh. Instrumen yang digunakan adalah dengan lembar observasi motivasi siswa, dan tes siklus. Hasil analisis data yang dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) hasil pengamatan motivasi belajar siswa 46,875% pada pra siklus meningkat menjadi 71,875% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78,125% pada siklus II; (2) pretasi belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan dari 53,125% pada pra siklus menjadi 71,875% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 87,5%; (3) prestasi belajar siswa dari nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari pra siklus yaitu 66,875 menjadi 71 pada siklus I dan 80,688 pada siklus II.
Kata Kunci: Model pembelajaran, Reciprocal Teaching, Motivasi, Prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i3.2178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.