PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP N 1 PONCOWARNO

Sunaedah .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika pada siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Poncowarno yang berjumlah 30 siswa. Tahapan penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Metode pengumpulam data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI. Hasil penelitian menunjukkan persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 71,53%  dan meningkat pada siklus II menjadi 79,17%. Sedangkan persentase banyaknya siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 53,33% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 76,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII D SMP N 1 Poncowarno tahun pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: keaktifan, SAVI, matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i3.2176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.