EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAVI DAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Sulistiyo Budi Tanoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika dengan pendekatan SAVI lebih baik dibandingkan dengan kontekstual pada siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Pituruh. Penelitian ini dilakukan selama dua belas bulan mulai bulan Februari 2014 sampai dengan Januari 2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Pituruh tahun ajaran 2013/2014. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster randomsampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode tes dengan instrumen pilihan ganda sebanyak 20 butir soal.Dari hasil komputasi yang telah dilakukan didapat bahwa rerata prestasibelajar kelas eksperimen I yaitu siswa kelas VII A adalah 76,212 sedangkan untuk kelaseksperimen II yaitu kelas VII B adalah 71,250. dengan taraf signifikansi 0,05 didapat tobs 1,737 dan ttabel 1,645. Sehingga tobs DK yang menyebabkan H0 ditolak dan berarti Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada materi balok menggunakan Pendekatan SAVI lebih baik dari pada prestasi belajar siswa dengan kontekstual pada siswa kelas VIII semester satu  MTs Ma’arif NU Pituruh tahun ajaran 2013/2014.

 

Kata Kunci : SAVI, kontekstual, prestasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i2.2163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.