EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Siti Ma’rifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII semester I SMP Negeri 4 Kebumen tahun pelajaran 2014/2015. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kebumen. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Sampel adalah kelas VII G sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas VII H sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji keseimbangan, dan uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan. Rata-rata nilai kelas eksperimen 1   , kelas eksperimen 2 . Hasil pengolahan data diperoleh  dengan , , karena Nilai      maka  ditolak, artinya prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TTW lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII semester I SMP Negeri 4 Kebumen tahun pelajaran 2014/2015

 

Kata kunci: TTW, TPS, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i2.2161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.