PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN DIPOSISI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 KARANGGAYAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Dwi Yuliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan disposisi matematis dan prestasi belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Karanggayam setelah mengikuti pembelajaran dengan model Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memuat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, angket, dan soal tes yang berupa soal uraian. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan disposisi matematis dan prestasi belajar matematika menggunakan model MMP pada siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Karanggayam. Hal ini ditunjukkan dari persentase hasil observasi disposisi matematis siswa sebesar 22,58%  pada pra siklus, meningkat menjadi 46,78% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 72,54% pada siklus II. Berdasarkan hasil angket juga terjadi peningkatan dari 38,71% pada siklus I menjadi 87,10% pada siklus II. Pada pra siklus diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas VII F sebesar 16,1% dengan rerata nilai 53,6, meningkat menjadi 51,6% dengan rerata nilai 65,4 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 77,4% dengan rerata 74,4 pada siklus II.

 

Kata kunci : Disposisi matematis, prestasi belajar, Missouri Mathematics Project (MMP)


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i2.2159



Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.