EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT, SNOWBALL THROWING DAN EKSPOSITORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar siswa yang mendapat model NHT lebih baik daripada model Snowball Throwing; (2) apakah prestasi belajar siswa yang mendapat model NHT lebih baik daripada metode Ekspositori; dan (3) apakah prestasi belajar siswa yang mendapat model Snowball Throwing lebih baik daripada metode Ekspositori. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dengan teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan Anava Satu Jalan dengan sel tak sama. Hasil anava yang dilanjutkan dengan uji komparasi ganda memberikan hasil = 0.156, = 9.789, = 7.629 sedangkan DK = {F | F } = }, artinya diterima, ditolak, ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar siswa yang mendapat model NHT tidak terdapat perbedaan dengan model Snowball Throwing; (2) prestasi belajar siswa yang mendapat model NHT lebih baik daripada metode Ekspositori; dan (3) prestasi belajar siswa yang mendapat model Snowball Throwing lebih baik daripada metode Ekspositori.
Kata kunci: NHT, Snowball Throwing, ekspositori
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i1.2146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.