PENGARUH KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI-KECAMATAN PURWODADI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, dan adanya pengaruh antara komunikasi matematis terha-dap prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dalam ma-ta pelajaran matematika. Hasil penelitian dengan menggunakan hipotesis deskriptif menunjuk-kan bahwa komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matema-tika, kurang dari 75. Perhitungan korelasi product moment menunjukkan hubungan yang posi-tif antara komunikasi matematis dan prestasi belajar dalam mata pelajaran matematika, se-hingga komunikasi matematis siswa mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa da-lam mata pelajaran matematika.
Kata kunci: komunikasi matematis, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1846
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.