EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN CPS DAN MMP DIMODIFIKASI STAD DENGAN BERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Nurur Rosyidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah  matematika siswa menggunakan pembelajaran CPS berbantuan Edmodo dengan pembelajaran MMP yang dimodifikasi STAD berbantuan Edmodo pada pokok bahasan Persamaan dan Identitas Trigonometri kelas X MIPA SMA Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah diujicobakan terlebih dahulu.Validitas tes dengan product moment correlation metode Pearson dan reliabilitas tes dengan metode Alpha.Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji F untuk uji homogenitas.Uji hipotesis dilakukan dengan uji t taraf signifikansi 0,05 maka didapatkan tobs = 2,073 dan ttabel = 2,002 danH0 ditolak. Kesimpulannya ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah  matematika siswa menggunakan pembelajaran CPS berbantuan Edmodo dengan pembelajaran MMP yang dimodifikasi STAD berbantuan Edmodo.

 

Kata kunci: CPS berbantuan Edmodo, kemampuan pemecahan masalah


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.