PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DAMAI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

Risalatul Mu’awanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan model Pembelajaran Kooperatif Tipe DAMAI. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada lima aspek, yaitu demonstrasi, aktif, mengesankan, asyik, dan induktif. Pegembangan model pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4 D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Uji coba model pembelajaran dilakukan dengan melibatkan siswa kelas VIII D SMP N 21 Purworejo yang mengikuti mata pelajaran Bangun Ruang Sisi Datar pada Semester Genap Tahun Akademik 2013/ 2014. Hasil penelitian baru sampai pada ujicoba terbatas yang menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi syarat kualitas produk versi Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif.

Kata kunci: model pembelajaran koopertif Tipe DAMAI, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i1.1826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.