HUBUNGAN GAYA BERPIKIR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII DI KECAMATAN LOANO

Rizqi Khoirunnisa, Budiyono Budiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan gaya berpikir terhadap prestasi belajar matematika, perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika, gaya berpikir dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Populasinya siswa ke-las VII SMP Negeri se-Kecamatan Loano tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 353 siswa. Sam-pelnya 82 siswa diambil dengan teknik purposive sampling dan proportionate random sam-pling. Pengumpulan data dengan dokumentasi, angket, dan tes. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Kendal Tau dan Konkordansi Kendal. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat hubungan antara gaya berpikir terhadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan tahun pelajaran 2013/2014 Loano namun tidak signifikan, perhatian orang tua ter-hadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Loano tahun pelajaran 2013/2014 namun tidak signifikan, gaya berpikir dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Loano pelajaran 2013/2014 namun ti-dak signifikan.

 

Kata kunci: gaya berpikir, perhatian orang tua, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i1.1823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.