TINGKAT KOGNITIF REVISI TAKSONOMI BLOOM PADA SOAL-SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP

Dina Wahyu Purwanti

Abstract


buku teks matematika SMP kelas VII semester 1 berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik content analysis (kajian isi) menggunakan model Miles dan Huberman pada teknik pengolahan datanya. Diperoleh hasil penelitian bahwa soal-soal dengan tiga tingkat kognitif mempunyai proporsi yang sangat dominan dengan persentase sebesar 69,20%-76,10%. Tingkat kognitif dan jenis pengetahuan mengaplikasikan pengetahuan prosedural mempunyai proporsi sebesar 23,86%-28,78%, sedangkan jenis pengetahuan metakognitif mempunyai proporsi yang paling kecil yaitu sebesar 0,12%-0,23%.

Kata kunci: tingkat kognitif, soal-soal, buku teks matematika, revisi Taksonomi Bloom


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i1.1821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.