HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII

Puji Listiowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar matematika, kesiapan belajar dengan prestasi belajar matematika, lingkungan sekolah dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar matematika, pada siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Pejagoan Tahun Pelajaran 2013/2014. Angket digunakan sebagai alat mengumpulkan data lingkungan sekolah dan kesiapan belajar, dan tes untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa yang dibatasi pada materi himpunan. Teknik pengolahan data yang digunakan rumus Chi-Kuadrat sebagai uji prasyarat, Kendal Tau dan Kendal W digunakan sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar matematika, lingkungan sekolah dan kesiapan belajar dengan matematika, tetapi tidak signifikan untuk kesiapan belajar dengan prestasi belajar matematika, pada siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Pejagoan Tahun Pelajaran 2013/2014.

Kata kunci: lingkungan sekolah, kesiapan belajar, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i4.1789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.