STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CRH DAN MMPTERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Nurul Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika yang dikenai model pembelajaran Course Review Horay lebih baik daripada prestasi belajar matematika yang dikenai model pembelajaran  Missouri Mathematics Project berkaitan dengan materi kubus dan balok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes.Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda.Sebelum dilakukan pembelajaran, terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan menggunakan statistik uji t dua pihak. Setelah pembelajaran dilakukan uji hipotesis dengan statistik uji t pihak kanan dengan α = 0,05. Hasil dari analisis uji hipotesis dengan α = 0,05 menghasilkan tobs = 10,583, ttabel = t(0,05;52) = 1,675 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima karena tobs ttabel. Kesimpulannya yaitu prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CRH lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran MMP berkaitan dengan materi kubus dan balok.

 

Kata kunci: CRH, MMP, prestasi belajar matematika

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i4.1784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.