PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5E”

Ria Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa model pembelajaran Learning Cycle “5E” dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes prestasi. Pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle “5E” dilakukan dengan lima tahap yaitu: engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation. Analisis data yang digunakan adalah perhitungan nilai rata-rata dan percentages correction. Kesimpulan yang diperoleh adalah ada peningkatan aktivitas dan prestasi belajar. Aktivitas belajar dari siklus I 67,31% meningkat menjadi 89,42% pada siklus II. Prestasi belajar matematika siklus I mencapai persentase ketuntasan belajar 34,40% dan nilai rata-rata hasil tes adalah 59,56. Prestase belajar matematika siklus II mencapai persentase ketuntasan belajar 87,50% dan nilai rata-rata tes adalah 87,50.

 

Kata kunci: aktivitas, Learning Cycle “5E”


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i4.1782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.