PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HYPNOTEACHING DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LIMIT FUNGSI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika pada siswa yang menggunakan hypnoteaching lebih baik daripada yang menggunakan ekspositori . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang diambil secara cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua metode, yaitu dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu tes. Validitas instrument tes menggunakan validitas isi dan validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal, daya pembeda butir soal. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan hypnoteaching lebih baik daripada yang menggunakan ekspositori.
Kata kunci : hypnoteaching, ekspositori, hasil belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i3.1769
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.