https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENGEMBANGAN MEDIA KARTUN MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMP/MTs | Nila Kurniasih | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN MEDIA KARTUN MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMP/MTs

Muji Nurwahidah, Nila Kurniasih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartun matematika. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen penilaian untuk validasi ahli, instrumen respon siswa terhadap media, lembar observasi dan angket untuk mengetahui minat belajar siswa. Untuk menguji keefektifan media kartun matematika digunakan desain eksperimen yang dianalisis dari hasil nilai evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen.Media kartun matematika valid berdasarkan validasi ahli media serta ahli materi dan bahasa dengan sedikit revisi. Sedangkan kepraktisan dilihat dari respon siswa dan minat belajar berada dalam kategori baik. Uji keefektifan diperoleh hasil rerata nilai evaluasi kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Keefektifan juga dilihat dari hasil minat belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik bila dibandingkan dengan kelas kontrol. Kesimpulan didapat bahwa media kartun matematika yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci: kartun matematika, minat, prestasi belajar

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i2.1750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.