PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SYNDICATE GROUP

Khotmiyatun Ma’rifah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktifan dan lembar tes prestasi belajar yang terdiri dari 5 soal uraian dalam materi segiempat. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan rerata persentase keaktifan belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 67,74% pada siklus I menjadi 77,52% pada siklus II. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa, rerata nilai mengalami peningkatan dari 61,58 pada pra siklus menjadi 69,61 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 78,81. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Kebumen menunjukkan peningkatan keaktifan belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran syndicate group; (2) siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Kebumen menunjukkan peningkatan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran syndicate group.

 

Kata kunci: keaktifan, prestasi belajar, model pembelajaran, syndicate group


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i1.1732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.