PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: apakah ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan gaya belajar auditori, visual, dan kinestetik terhadap prestasi belajar. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VII sebanyak 216 siswa dan diambil sampel sebanyak 72 siswa dengan random sampling. Data diperoleh dengan metode angket, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto yaitu penelitian yang mendeskripsikan situasi sekarang yang diduga sebagai akibat dari faktor-faktor yang terjadi sebelumnya. Perhitungan menggunakan uji prasyarat uji normalitas yang dilanjutkan dengan uji homogenitas variansi populasi. Setelah data diketahui berdistribusi normal dan populasinya homogeny dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan uji normalitas gaya belajar auditori menunjukkan bahwa , dari uji normalitas gaya belajar visual menunjukkan bahwa dari DK = ; sedangkan uji normalitas untuk gaya belajar kinestetik menunjukkan bahwa dari DK = dari ketiga gaya belajar tersebut diketahui bahwa ketiga gaya belajar tersebut berdistribusi normal. Dari data tersebut juga diketahui bahwa ketiga gaya belajar tersebut populasinya homogen dapat dilihat dari dari DK = Hipotesisnya menunjukan bahwa obssedangkan DK= ini menunjukan bahwa ketiga gaya belajar tersebut memiliki pengaruh yang sama terhadap prestasi belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa antara gaya belajar auditori, visual dan kinestetik tidak ada yang lebih unggul ketiganya pengaruhnya sama.
Kata kunci: auditori, visual, kinestetik
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i1.1597
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.